Senin, 28 April 2008

(Dari Jawa Pos Online)

Kamis, 24 Apr 2008,Wujudkan Kolaborasi dengan EP

Kolaborasi adalah salah satu cara memvariasikan karya bagi musisi. Bahkan, hasrat untuk memadukan karya dengan musisi lain kadang tak cukup hanya dituangkan dalam satu lagu. Trio hip-hop asal Jakarta, Soul ID, mengalami hal itu. Sebagai solusi, mereka merilis mini album bertajuk The Collusion.

Lantas, siapa partner kolaborasi Soul ID? Jawabannya adalah Dmust Akira. Nama penyanyi hip-hop itu memang belum pernah terdengar. Sebab, sebenarnya dia adalah penyiar salah satu radio swasta di Jakarta.

Ide kolaborasi itu berawal ketika Drusteelo, MissJaydee, dan Tabib Qiu diundang untuk wawancara di radio tempat kerja Dmust Akira. Awalnya, mereka hanya ngobrol tentang musik. "Tapi, setelah ngobrol panjang lebar, kayaknya asyik juga kalau kita kerja bareng," ujar Dmust Akira.

Kemudian, The Collusion pun digarap. Mini album tersebut berisi delapan track. Tiga track masing-masing berjudul Maukah, Jangan Lagi, dan L.O.V.E, sedangkan empat track merupakan nomor instrumental. Satu track lainnya adalah versi remix lagu Jangan Lagi.

Pemilihan format 50:50 untuk komposisi track dan lagu instrumental bukan tanpa alasan. Menurut Soul ID, hal itu berasal dari tuntutan para penggemar. "Soalnya, mulai banyak penggemar yang minta instrumen aja dari album-album kami. Akhirnya, kami putuskan meluncurkan album dengan format ini," ujar Drusteelo.

Mengapa memilih mini album? Soul ID mengakui hal itu sebagai cara untuk menghadapi pasar yang sangat pemilih. Mereka ingin menghadirkan alternatif lain. Harga jual mini album jauh lebih murah daripada full album sehingga akan lebih mudah dipasarkan.

Seperti rilisan Soul ID sebelumnya, Jiwa Raga (2007), The Collusion tetap berada di bawah naungan Rizky Rekordz. Namun, kali ini urusan pemasaran dipegang sendiri oleh Soul ID dan Rizky Rekordz. Itu tidak seperti rilisan sebelumnya, yang titip edar pada major label.

Untuk itu, lagi-lagi perlakuan tidak enak major label yang jadi penyebab. Soul ID mengaku sedikit keberatan dengan perlakuan tebar benih yang mereka terapkan. Major label lebih memperhatikan artis yang penjualan albumnya lebih menguntungkan.

Akhirnya, mereka memutuskan untuk mundur dan mengedarkan album dengan sistem perang gerilya. Jika datang ke music store yang belum menjual albumnya, Soul ID langsung menawari untuk bekerja sama. (aul/rum)

Tidak ada komentar:

Tabib Qiu's of Soul ID solo album. This is the 1st single taken from the Manusia 3D:Ritual album, Rizky Rekordz 2007. Produced by Drusteelo for Soulbrothaz Production. It's an Indie joint so mind da quality.

TABIB QIU - JALAN PILIHAN

or please call:

  • 2313 Management, 021 93838925 / 0812 940 2923 (Gita)